Selamat Hari Angkutan Umum Nasional

Selamat Hari Angkutan Umum Nasional, 24 April 2012

Sempat saya lupa dengan hari nasional transportasi. Secara saya dididik dan ditempa di kawah transportasi namun lupa dengan hari Transportasi sendiri. Saya baru dapat info akhir-akhir ni setelah menjelajah dunia maya. Biarpun uda lewat tapi masih hangat kan ” Hari Ulang Tahun Angkutan Umum Nasional”,,heheee

Ngomong-ngomong angkutan umum, pasti sudah tidak asing di telinga kita. Sebagai salah satu primadona media transportasi bagi masyarakat. Akan tetapi ironisnya masyarakat malah mengabaikan dengan transportasi massal ini. Dengan peningkatan pendapatan masyarakat, banyak orang yang cenderung mendewakan kendaraan pribadi sebagai alat tansportasinya. Banyak alasan dari masyarakat, antara lain karena masalah privasi dan kenyamanan. Namun dibalik kebaikannya, kepemilikan kendaraan pribadi terlalu banyak juga menimbulkan banyak masalah.

Banyaknya kendaraan pribadi berarti kemacetan yang semakin banyak di jalan. Hal ini dikarenakan jumlah peningkatan kendaraan pribadi tidak sebanding dengan peningkatan kapasitas jalan. Semakin banyak masyarakat yang menggunakan angkutan umum, semakin efektif pula penggunaan jalan raya. Dengan kata lain, angkuatan umum merupakan salah satu pemecahan masalah yang dihadapi hampir semua kota besar di dunia yaitu kemacetan.

Sebuah kendaraan memerlukan bahan bakar. Sebagai gantinya, kendaraan mengeluarkan daya dan juga zat-zat polusi. Jika setiap orang menggunakan kendaraan pribadi, maka jumlah zat polusi di udara akan sebanding dengan jumlah manusia. Lain halnya jika banyak orang menggunakan kendaraan umum. Satu kendaraan umum mampu mengangkut lebih dari satu penumpang (sebuah rangkaian kereta api dapat mengangkut hingga lebih dari 1000 penumpang), yang berarti pengurangan polusi.

Hari Angkutan Umum Nasional,Layanan Transportasi Yang Aman Baru Sebatas Mimpi. Begitu menurut saya menilai dari sisi layanan akan angkutan umum kita. Angkutan atau sarana transportasi bukan hanya menjadi alat bantu saja, namun menjadi sangat vital apabila dihubungkan dengan proses pengembangan dan pembangunan wilayah. Selanjutnya apabila membandingkan tentang kondisi transportasi umum di negara kita memang stake holder kita harus banyak belajar dan meneladani totalitas yang bernama pelayanan. Jadi tidak heran apabila masyarakat bisa menentang, “kenapa saya harus menggunakan angkutan umum yang nyatanya pelayanan cuma sebatas itu”.

Oleh sebab itu dengan momentum Hari Angkutan Umum Nasional baik pemegang stake holder dan juga masyarakat bersama-sama menuntaskan problema ini yaitu penyediaan sarana transportasi umum yang selamat, nyaman dan aman bagi masyarakat. Agar mimpi kita bersama akan sarana transportasi umum bisa terwujud. Amin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s